√2 1 1-10 2.1 2x2 3x3 6 9 ad infinitium addisi AI aifat ajaib akar 2 al-batani Al-Farabi Al-Khwarizmi alasan Alexandria aljabar Allah anak analisi real analisis analisis real andalusia angka annuity anril anril 1 antara antisymetric anuitas Arab are are. meter aritmatika aritmetik arthur cayley artificial artur Cayley Asah asal-usul asli asli. cacah asosiatif astronomi awet bab 1 bab 2 babylonia bahasa bahaya baku balok bangkit bangun bangun ruang baris barisan bartle Basis bata batasan masalah batu bayi bebas belah ketupat belajar belok beraturan berganti bergantung berkelompok berpangkat dua bertumbuh besaran bilangan bilangan cacah bilangan romawi biografi bmkg bola Bruto buah hati bulat bumi bundar cacah cambridge canton cara cara cepat cepat cerdas chi kuadrat cicak ciri contoh cos cosec cotag dasar data datar deferred Definisi deret desimal determinan diagonal Dialektis diameter differensial dimensi diophantine diophantus diskon distributif ditunda divergen e e coli elements Empirisme epistemologi eropa euclid euclides euler fakta Faktor Faktorisasi fenomenalisme Ferdinand George Frobenius Fibonacci Filsafat filsuf fisika fitur FPB frekuensi frobenius fungsi gabungan gairah garis garis bilangan gauss gempa geometri geometris georg cantor gerak GLB google grafik growing guru harmonik harta hasil hektar Himpunan hiperbola hipotesis hitung homogen hormon hubungan ibnu Batuta ibnu Rusyd Ibnu Sina Identifikasi masalah identitas illustrasi ilmu ilmuwan Ilusi imajiner indikator induksi info informasi intelligence interval Intusionisme IQ irasional islam Israel istimewa jajar genjang jangka jarak jari-jari jarimatika jawa timur jawaban jenis jenius jumlah kajian pustaka kalender kali kalkulus kantor pos kapal karakteristik Karya keajaiban kecepatan kediri Kedokteran kegunaan penelitian kehidupan kelainan keliling Kemampuan kembar kerangka berpikir kerucut kesalahan ketidakterbatasan. terhingga ketidakterhinggaan keuangan kiat-kiat kimia kitab kofaktor kolom Kombinasi kompetensi komposit komunikasi komutatif konsep konsep. integral kontradiksi konvergen konversi korespondensi kotoran KPK kreatif kuadran kuadrat kualitatif kuantitatif kubus kulit kurang kurva lafadz lambang langkah lanjutan latar belakang Latihan layang-layang lebah lengkap leonardo da pisa leonhard lima limas limit Linear lingkar lingkaran linier lipat logaritma Logika luas luas alas luas permukaan luas selimut macam mahasiswa makalah malang manfaat massa Mata matahari Matematika matematikawan Materi matriks matriks nol mean median memahami menggambar menghafal menghantar menghitung mengubah mengurutkan mesir meter meter persegi metode metrik metron mil militer minat misteri modus muda mudah multiplikasi muslim navigasi Neto Netto nilai mutlak normalitas nyata operasi ordo otak pangkat pangkat dua panjang partisi Pecahan pelajar pelajaran pelaut Peluang pembagian pembahasan pembelajaran pembilang pembuktian pendahuluan pendidikan penelitian penemu penerapan pengembara Pengertian pengukuran pengurangan penjelasan Penjumlahan penyebut penyelesaian peran perbandingan perbedaan Perkalian perkalian 1-100 persamaan persegi persegi panjang persen Pertanyaan pesawat peta pi pie pnerapan pokok polinomial Prima prinsip. dalil prisma profesionalisme proses proyeksi putar PV pythagoras rahasia rasional rata-rata real refleksif relasi riak riil romawi RPP Ruang Rumus salah mutlak salah relatif sarrus satuan SD sec section segi enam segiempat segitiga segitiga atas segitiga bawah sehari-hari sejarah sekolah selam sembilan sempurna senang setangkup sherbert SI sifat siku-siku simbol simetri simetrik simetris Similar sin singgung singkat sisi siswa skalar skripsi sman 5 kediri smp Soal space SPL SR STAD statistik statistika struktur subruang subspace substitusi sudut sumbu symetric tabel tabel pengurangan tabel penjumlahan tabung tahap tak terhingga tambah tamda tan tanda tara tegak lurus teka-teki teorema teori terbaru terbatas terdahulu Terkait terner tertutup tidak baku tips titik tolak-setangkip toleransi pengukuran transitif transitive trapesium trenggalek trigon trigonometri Trik tripel tujuan tujuan penelitian tulungagung tunai tunggal turunan tutorial uji ulasan umus unik Vektor volume waktu warisan wesel yunani

Cara Menggunakan Uji Normalitas Dengan Metode Chi Kuadrat

Saat kita menginjak masa-masa kuliah di semester akhir. Kita dihadapkan dengan syarat kelulusan wisuda, yaitu dengan mengadakan penelitian. Penelitian tersebut terkenal dengan nama SKRIPSI. Skripsi menjadi momok yang amat menakutkan bagi para mahasiswa tingkat akhir. banyak yang frustasi, menyerah, bahkan drop out dikarenakan skripsi tersebut. Tetapi banyak pula yang dapat menyelesaikannya dengan cepat. Tergantung rajin
dan tidaknya mahasiswa tersebut. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas metode ujinya yang mengedepankan uji normalitas dengan chi kuadrat yang lainnya akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

Uji Normalitas dengan Chi Kuadrat
 Apabila dari penelitian sudah terkumpul data lengkap, maka untuk pengujian normalitas dilalui langkah-langkah sebagai berikut.
1)      Membuat tabel distribusi frekuensi.
2)      Menentukan batas nyata tiap-tiap kelas interval.
3)      Mencari frekuensi kumulatif dan frekuensi kumulatif relatif (dalam persen).
4)      Dengan skala sumbu mendatar dan sumbu menegak, menggambarkan grafik dengan data yang ada, pada kertas probabilitas normal.
5)      Dengan angka-angka yang ada pada tabel distribusi diletakkan titik-titik frekuensi kumulatif relative pada kertas probabilitas yang telah disediakan pada buku-buku statistik. Jika letak titik-titik berada pada garis lurus atau hampir lurus, maka dapat disimpulkan dua hal:
a)      Mengenai data itu sendiri
                        Dikatakan bahwa data itu terdistribusi normal atau hampir normal (atau dapat didekati oleh distribusi normal).
b)      Mengenai populasi dari mana data sampel diambil.
Dikatakan bahwa populasi dari mana data sampel itu diambil ternyata berdistribusi normal atau hampir terdistribusi normal, atau dapat didekati oleh distribusi normal. Jika titik-titik yang diletakkan tidak menunjukkan terletak pada garis lurus maka dapat disimpulkan bahwa data atau sampel yang diambil tidak berasal dari populasi normal.
Menurut Sugiyono (2011), salah satu uji normalitas data yaitu chi kuadrat ( χ2 ) merupakan pengujian hipotesis yang dilakukandengan cara membandingkan kurva normal yang terbentuk dari data yang telah terkumpul (B) dengan kurva normal baku atau standar (A). Jadi membandingkan antara (B/A). Bila B tidak berbeda secara signifikan dengan A, maka B merupakan data yang berdistribusi normal.
H0 : data berasal dari populasi yang berdistribusi normal
H1 : data tidak berasal dari populasi yang berdistribusi normal
Grafik distribusi chi kuadrat (χ2) umumnya merupakan kurva positif , yaitu miring ke kanan. Kemiringan ini makin berkuran jika derajat kebebasan (df) makin besar.
Nilai Angket Profesionalisme Guru Dan Minat Belajar Siswa
No.
Nama Siswa
Profesionalisme Guru
Minat Belajar
1
Ajeng Martyadani Berlian
89
90
2
Amelia Vincensia Cristiani
88
85
3
Anisa Dian Ramadhani
83
87
4
Anjarwati
87
88
5
Arido Wahyu Yogatama
95
89
6
Ayu Dian Cristian
88
90
7
Destya Naya Febrianingrum
89
88
8
Dhila Kusuma Syahrina Isnen
82
89
9
ellya ramadhaningrum
91
82
10
asterin oktavia
90
90
11
fajar sodiq aji jabar danaru
85
85
12
frisky dona sandra kusuma
87
87
13
ilman rurqonda ardiansyah
88
88
14
inka safiratari
89
89
15
intan purnama
90
90
16
khoti muhayati
88
87
17
kiki alifah nur shanti
89
95
18
krisdayani martha sukma
82
88
19
meiko karenina
91
89
20
m. Nurhuda rusardi
90
82
21
onita bingar permata ningtyas
85
89
22
putriaisyah nur sukmawati
89
89
23
riskawati
88
88
24
rizka imas virgianti
83
83
25
saskianuraini ayu kumalasari
87
87
26
setridwi prasetyani
95
95
27
shelli lindha puspita dewi
87
87
28
teguh subekti
95
95
29
tiara kusuma dewi
88
88
30
winarti
89
88
31
yunida femila
82
83
32
zulfina rahmawati
89
87

Chi table 13.787
 
Test Statistics

PROFESIONALISME
MINAT
Chi-Square
13.000a
6.500b
df
17
21
Asymp. Sig.
.736
.999
a. 18 cells (100,0%) have expected frequencies less than 5. The minimum expected cell frequency is 1,8.
b. 22 cells (100,0%) have expected frequencies less than 5. The minimum expected cell frequency is 1,5.

Berdasarkan tabel, dapat diketahui bahwa hasil uji chi kuadrat profesionalisme adalah 13,00 < χ2 tabel(13, 787) dan hasil uji chi kuadrat untuk minat belajar matematika adalah 6,50 < χ2tabel (13,787) dengan begitu dapat disimpulkan bahwa H0diterima yang berarti bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Selanjutnya data di uji homogenitasnya melalui spss.

Dengan begitu dapat diketahui hasil dari uji normalitas dengan menggunakan metode chi kuadrat. Terima kasih atas kunjungannnya. 

Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.