√2 1 1-10 2.1 2x2 3x3 6 9 ad infinitium addisi AI aifat ajaib akar 2 al-batani Al-Farabi Al-Khwarizmi alasan Alexandria aljabar Allah anak analisi real analisis analisis real andalusia angka annuity anril anril 1 antara antisymetric anuitas Arab are are. meter aritmatika aritmetik arthur cayley artificial artur Cayley Asah asal-usul asli asli. cacah asosiatif astronomi awet bab 1 bab 2 babylonia bahasa bahaya baku balok bangkit bangun bangun ruang baris barisan bartle Basis bata batasan masalah batu bayi bebas belah ketupat belajar belok beraturan berganti bergantung berkelompok berpangkat dua bertumbuh besaran bilangan bilangan cacah bilangan romawi biografi bmkg bola Bruto buah hati bulat bumi bundar cacah cambridge canton cara cara cepat cepat cerdas chi kuadrat cicak ciri contoh cos cosec cotag dasar data datar deferred Definisi deret desimal determinan diagonal Dialektis diameter differensial dimensi diophantine diophantus diskon distributif ditunda divergen e e coli elements Empirisme epistemologi eropa euclid euclides euler fakta Faktor Faktorisasi fenomenalisme Ferdinand George Frobenius Fibonacci Filsafat filsuf fisika fitur FPB frekuensi frobenius fungsi gabungan gairah garis garis bilangan gauss gempa geometri geometris georg cantor gerak GLB google grafik growing guru harmonik harta hasil hektar Himpunan hiperbola hipotesis hitung homogen hormon hubungan ibnu Batuta ibnu Rusyd Ibnu Sina Identifikasi masalah identitas illustrasi ilmu ilmuwan Ilusi imajiner indikator induksi info informasi intelligence interval Intusionisme IQ irasional islam Israel istimewa jajar genjang jangka jarak jari-jari jarimatika jawa timur jawaban jenis jenius jumlah kajian pustaka kalender kali kalkulus kantor pos kapal karakteristik Karya keajaiban kecepatan kediri Kedokteran kegunaan penelitian kehidupan kelainan keliling Kemampuan kembar kerangka berpikir kerucut kesalahan ketidakterbatasan. terhingga ketidakterhinggaan keuangan kiat-kiat kimia kitab kofaktor kolom Kombinasi kompetensi komposit komunikasi komutatif konsep konsep. integral kontradiksi konvergen konversi korespondensi kotoran KPK kreatif kuadran kuadrat kualitatif kuantitatif kubus kulit kurang kurva lafadz lambang langkah lanjutan latar belakang Latihan layang-layang lebah lengkap leonardo da pisa leonhard lima limas limit Linear lingkar lingkaran linier lipat logaritma Logika luas luas alas luas permukaan luas selimut macam mahasiswa makalah malang manfaat massa Mata matahari Matematika matematikawan Materi matriks matriks nol mean median memahami menggambar menghafal menghantar menghitung mengubah mengurutkan mesir meter meter persegi metode metrik metron mil militer minat misteri modus muda mudah multiplikasi muslim navigasi Neto Netto nilai mutlak normalitas nyata operasi ordo otak pangkat pangkat dua panjang partisi Pecahan pelajar pelajaran pelaut Peluang pembagian pembahasan pembelajaran pembilang pembuktian pendahuluan pendidikan penelitian penemu penerapan pengembara Pengertian pengukuran pengurangan penjelasan Penjumlahan penyebut penyelesaian peran perbandingan perbedaan Perkalian perkalian 1-100 persamaan persegi persegi panjang persen Pertanyaan pesawat peta pi pie pnerapan pokok polinomial Prima prinsip. dalil prisma profesionalisme proses proyeksi putar PV pythagoras rahasia rasional rata-rata real refleksif relasi riak riil romawi RPP Ruang Rumus salah mutlak salah relatif sarrus satuan SD sec section segi enam segiempat segitiga segitiga atas segitiga bawah sehari-hari sejarah sekolah selam sembilan sempurna senang setangkup sherbert SI sifat siku-siku simbol simetri simetrik simetris Similar sin singgung singkat sisi siswa skalar skripsi sman 5 kediri smp Soal space SPL SR STAD statistik statistika struktur subruang subspace substitusi sudut sumbu symetric tabel tabel pengurangan tabel penjumlahan tabung tahap tak terhingga tambah tamda tan tanda tara tegak lurus teka-teki teorema teori terbaru terbatas terdahulu Terkait terner tertutup tidak baku tips titik tolak-setangkip toleransi pengukuran transitif transitive trapesium trenggalek trigon trigonometri Trik tripel tujuan tujuan penelitian tulungagung tunai tunggal turunan tutorial uji ulasan umus unik Vektor volume waktu warisan wesel yunani

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bilangan Bulat dan Pecahan Kurikulum 2013


Satuan Pendidikan      : SMP
Kelas/Semester            : VII/I
Mata Pelajaran            : Matematika
Materi                          : Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Pecahan
Alokasi waktu             : 4 x 40 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap bekerja sama, aktif dan jujur dalam melaksanakan tugas belajar matematika
3.3 Memahami sifat – sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan serta penggunaannya dalam kehidupan sehari- hari
4.4 Terampil dalam menyelesaikan permasalahan tentang operasi hitung bilangan bulat dan pecahan tentang kehidupan sehari – hari


C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Bersikap aktif dalam pembelajaran tentang operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
2.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
3.      Jujur dalam menyelesaikan permasalahan dalam operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
4.      Memberikan contoh bilangan bulat serta menentukan letaknya pada garis bilangan
5.      Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan operasi campuran
6.      Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat
7.      Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil
8.      Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
9.      Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.
10.  Terampil dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan bilangan bulat dan pecahan

D.    Tujuan Pembelajaran
       Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam operasi hitung bilangan bulat dan pecahan ini diharapkan siswa bersikap aktif dalam kegiatan pembelajaran, jujur dalam menyelesaikan tugas serta mampu bekerja sama dengan kelompok serta dapat
1.      Memberikan contoh bilangan bulat serta menentukan letaknya pada garis bilangan
2.      Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan operasi campuran
3.      Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat
4.     Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil
5.      Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
6.      Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.


E.     Materi Matematika
1.      Pengertian bilangan bulat
2.      Penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari – hari
3.      Letak bilangan bulat pada garis bilangan
4.      Menyatakan hubungan antara dua bilangan bulat
5.      Operasi hitung pada bilangan bulat
6.      Perpangkatan bilangan bulat’
7.      Kuadrat dan akar kuadrat serta pangkat tiga dan akar pangkat tiga
8.      Operasi campur pada bilangan bulat
9.      Bentuk dan jenis pecahan
10.  Mengubah bentuk pecahan
11.  Operasi hitung pecahan

F.      Model/Metode Pembelajaran
1.      Pertemuan 1
Model                    : Cooperative Script
Strategi                  : Scientific
Pendekatan           : cooperative learning
Metode                  : diskusi, tanya jawab, penugasan
Tekhnik                 : berkelompok

2.      Pertemuan 2
Model                   : STAD (Student Teams-Achievment Divisions)
Strategi                 : SAB dan Scientific
Pendekatan          : Problem Solving
Metode                 : penugasan. Diskusi, tanya jawab, presentasi
Tekhnik                : berkelompok


G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan 1

Deskriptif Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam
1 menit
10 menit
2.      Guru memberikan motivasi tentang manfaat materi yang akan disampaikan
2 menit
3.      Guru Memberikan tujuan pembelajaran
2 menit
4.      Guru Mengkaitkan dengan materi sebelumnya (review)
5 menit
Inti
5.      Siswa membuat kelompok seperti yang sudah ditentukan oleh guru
3 menit
70 menit
6.      Siswa diberikan materi dan memahami serta merangkum materi yang diberikan guru
15 menit
7.      Guru Berkeliling memantau proses tugas yang dilakukan siswa
2 menit
8.      Siswa dalam tiap kelompok bergantian mempresentasikan hasilnya dan yang lain menyimak serta mengkoreksi
10 menit
9.      Guru Mengacak kelompok tertentu untuk menyampaikan hasil dari tugasnya ke depan
15 menit
10.  guru memberikan kuis kepada siswa
15 menit
11.  Siswa dan guru membahas tugas secara bersama-sama
10  menit
Penutup
12.  Guru Memberikan apresiasi terhadap hasil dari tugas yang dikerjakan siswa,bisa berupa pujian, nilai atau hadiah
2 menit
10 menit
13.  Guru Memberikan evaluasi tentang materi bilangan bulat
3 menit
14.  Guru memberikan pekerjaan rumah
4 menit
15.  Menutup pelajaran dengan salam
1 menit


2.      Pertemuan 2

Deskriptif Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam
1 menit
10 menit
2.      Guru memberikan motivasi tentang manfaat materi yang akan disampaikan
2 menit
3.      Guru Memberikan tujuan pembelajaran
2 menit
4.      Guru Mengkaitkan dengan materi sebelumnya (review)
5 menit
Inti
5.      Siswa membuat kelompok seperti yang sudah ditentukan oleh guru
3 menit
70 menit
6.      Siswa mendengarkan penjelsan guru tentang Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
30 menit
7.      Siswa menerima tugas yang diberikan guru
3 menit
8.      Siswa dalam tiap kelompok memulai untuk mengerjakan tugas tersebut dengan yang bisa menjelaskan kepada yang kurang jelas
10 menit
9.      Guru Berkeliling memantau proses pengerjaan tugas yang dikerjakan siswa
2 menit
10.  Guru Mengacak kelompok tertentu untuk menyampaikan hasil dari tugasnya
15 menit
11.  Siswa dan guru membahas tugas secara bersama-sama
7  menit
Penutup
12.  Guru Memberikan apresiasi terhadap hasil dari tugas yang dikerjakan siswa,bisa berupa pujian, nilai atau hadiah
2 menit
10 menit
13.  Guru Memberikan evaluasi tentang materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
3 menit
14.  Guru memberikan pekerjaan rumah
4 menit
15.  Menutup pelajaran dengan salam
1 menit


H.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Media
a.       Power point
b.      LCD proyektor
c.       CD interaktif
d.      Papan tulis
2.      Alat dan Bahan
a.       Penggaris
b.      Spidol
c.       Permen
d.      Penghapus
e.       Pensil
f.       Buku
3.      Sumber Belajar
a.    Buku Matematika SMA/MA Kelas X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
b.    Buku Guru Matematika SMA/MA Kelas X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
c.    Buku PR Matematika kelas X, PT Intan Pariwara
d.   Buku PG Matematika kelas X, PT Intan Pariwara
e.    Buku Swadidik Aljabar karangan P. Abbot,PT Pakar Raya

Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.