√2 1 1-10 2.1 2x2 3x3 6 9 ad infinitium addisi AI aifat ajaib akar 2 al-batani Al-Farabi Al-Khwarizmi alasan Alexandria aljabar Allah anak analisi real analisis analisis real andalusia angka annuity anril anril 1 antara antisymetric anuitas Arab are are. meter aritmatika aritmetik arthur cayley artificial artur Cayley Asah asal-usul asli asli. cacah asosiatif astronomi awet bab 1 bab 2 babylonia bahasa bahaya baku balok bangkit bangun bangun ruang baris barisan bartle Basis bata batasan masalah batu bayi bebas belah ketupat belajar belok beraturan berganti bergantung berkelompok berpangkat dua bertumbuh besaran bilangan bilangan cacah bilangan romawi biografi bmkg bola Bruto buah hati bulat bumi bundar cacah cambridge canton cara cara cepat cepat cerdas chi kuadrat cicak ciri contoh cos cosec cotag dasar data datar deferred Definisi deret desimal determinan diagonal Dialektis diameter differensial dimensi diophantine diophantus diskon distributif ditunda divergen e e coli elements Empirisme epistemologi eropa euclid euclides euler fakta Faktor Faktorisasi fenomenalisme Ferdinand George Frobenius Fibonacci Filsafat filsuf fisika fitur FPB frekuensi frobenius fungsi gabungan gairah garis garis bilangan gauss gempa geometri geometris georg cantor gerak GLB google grafik growing guru harmonik harta hasil hektar Himpunan hiperbola hipotesis hitung homogen hormon hubungan ibnu Batuta ibnu Rusyd Ibnu Sina Identifikasi masalah identitas illustrasi ilmu ilmuwan Ilusi imajiner indikator induksi info informasi intelligence interval Intusionisme IQ irasional islam Israel istimewa jajar genjang jangka jarak jari-jari jarimatika jawa timur jawaban jenis jenius jumlah kajian pustaka kalender kali kalkulus kantor pos kapal karakteristik Karya keajaiban kecepatan kediri Kedokteran kegunaan penelitian kehidupan kelainan keliling Kemampuan kembar kerangka berpikir kerucut kesalahan ketidakterbatasan. terhingga ketidakterhinggaan keuangan kiat-kiat kimia kitab kofaktor kolom Kombinasi kompetensi komposit komunikasi komutatif konsep konsep. integral kontradiksi konvergen konversi korespondensi kotoran KPK kreatif kuadran kuadrat kualitatif kuantitatif kubus kulit kurang kurva lafadz lambang langkah lanjutan latar belakang Latihan layang-layang lebah lengkap leonardo da pisa leonhard lima limas limit Linear lingkar lingkaran linier lipat logaritma Logika luas luas alas luas permukaan luas selimut macam mahasiswa makalah malang manfaat massa Mata matahari Matematika matematikawan Materi matriks matriks nol mean median memahami menggambar menghafal menghantar menghitung mengubah mengurutkan mesir meter meter persegi metode metrik metron mil militer minat misteri modus muda mudah multiplikasi muslim navigasi Neto Netto nilai mutlak normalitas nyata operasi ordo otak pangkat pangkat dua panjang partisi Pecahan pelajar pelajaran pelaut Peluang pembagian pembahasan pembelajaran pembilang pembuktian pendahuluan pendidikan penelitian penemu penerapan pengembara Pengertian pengukuran pengurangan penjelasan Penjumlahan penyebut penyelesaian peran perbandingan perbedaan Perkalian perkalian 1-100 persamaan persegi persegi panjang persen Pertanyaan pesawat peta pi pie pnerapan pokok polinomial Prima prinsip. dalil prisma profesionalisme proses proyeksi putar PV pythagoras rahasia rasional rata-rata real refleksif relasi riak riil romawi RPP Ruang Rumus salah mutlak salah relatif sarrus satuan SD sec section segi enam segiempat segitiga segitiga atas segitiga bawah sehari-hari sejarah sekolah selam sembilan sempurna senang setangkup sherbert SI sifat siku-siku simbol simetri simetrik simetris Similar sin singgung singkat sisi siswa skalar skripsi sman 5 kediri smp Soal space SPL SR STAD statistik statistika struktur subruang subspace substitusi sudut sumbu symetric tabel tabel pengurangan tabel penjumlahan tabung tahap tak terhingga tambah tamda tan tanda tara tegak lurus teka-teki teorema teori terbaru terbatas terdahulu Terkait terner tertutup tidak baku tips titik tolak-setangkip toleransi pengukuran transitif transitive trapesium trenggalek trigon trigonometri Trik tripel tujuan tujuan penelitian tulungagung tunai tunggal turunan tutorial uji ulasan umus unik Vektor volume waktu warisan wesel yunani

Lanjutan jawaban soal analisis real 1 (anril) 2.1 no 11-20

Jumpa lagi kawan mathers disini kita lanjutkan pembahasan soal analisis real 1 section 2.1 yang akan membahas soal no 11-20. Simak baik-baik ya kawan: 

SOAL:

11). a)Tunjukkan bahwa jika a > 0, maka 1/a > 0 dan 1/(1/a) = a
 b) Tunjukkan bahwa jika a < b, maka a < ½ (a + b) < b

12). Misalkan a,b,c,d adalah bilangan-bilangan real yang memenuhi 0 < a < b dan c < d < 0. Berikan sebuah contoh bilangan-bilangan tersebut yang memenuhi ac < bd. Berikan juga contoh untuk kasus bd < ac,

Baca juga: Cara menggambar segi lima beraturan


13). Jika  a,b € R, tunjukkan bahwa a2 + b2 = 0 jika dan hanya jika a = 0 dan b = 0

14), Jika 0 ≤ a < b tunjukkan bahwa a2 a b < b2. Tunjukkan dengan cara memberikan contoh penyangkal bahwa tidak berlaku a2 < a b < b2.

15). Jika 0 < a < b, tunjukkan bahwa
       a). a < √ab < b
       b). 1/b < 1/a


16). Carilah bilangan-bilangan real x yang memenuhi masing-masing pertidaksamaan berikut ini:
        a. x2 > 3x + 4
        b. 1 < x2< 4
        c. 1/x < x
        d. 1/x < x2

17. Buktikan bahwa jika a € R sedemikian hingga 0 a Ô‘ untuk setiap Ô‘ > 0, maka    a = 0

18. Misalkan a, b € Rdan anggap bahwa untuk setiap Ô‘ > 0, maka a = 0

19. Buktikan bahwa (1/2 (a + b))2≤ ½ (a2 + b2) untuk semua a,b € R. Buktikan juga bahwa kesamaan dari bentuk tersebut berlaku jika dan hanya jika a = b.

20. (a) Jika 0 < c < 1, Buktikan bahwa 0 < c2 < c < 1
      (b) Jika 1 < c, buktikan bahwa 1 < c < c2

PEMBAHASAN/JAWABAN

11.) 












12,) Jika dipilih a = 2, b = 3, c = -4 dan d = -2, maka kita tahu bahwa 0 < a < b dan c < d < 0. Kemudian perhatikan bahwa: a c = 2 . (-4) = -8 < -6 = 3 . (-2) = bd. Jika dipilih a = 1/2 , b = 6, c = -2 dan d = -1/2, maka kita tahu bahwa 0 < a < b dan c < d < 0, kemudian perhatikan bahwa: b d = 6 . (1/2) = -3 < -1 = ½ . (-2) = ac

13.) Bukti ke kanan
Jika a, b € R yang memenuhi a2+ b2 = 0, maka a = 0 dan b = 0. Kita akan membuktikan kontraposiisi dari implikasi tersebut benar. Anggap bahwa a ≠ 0 adalah sebarang bilangan real, maka kita tahu bahwa a2 > 0. Sekarang misalkan b adalah sebarang bilangan real yang lain. Jika b = 0, maka a2 + b2 = a2+ 02 = a2 > 0. Jadi, jika a ≠ 0 atau b ≠ 0, maka a2 + b2≠ 0
Bukti ke Kiri
Jika a = 0 dan b = 0, maka a2 + b2 = 02 + 02 = 0

14.) Jika 0 ≤ a < b, maka a € P U { 0 }, b € P dan b – a P. Kemudian a b – a2 = a (b – a) € P U {0} hal ini berarti a2 ≤ ab. Selanjutnya, b2 – ab = b (b – a) € P hal ini berarti ab < b2. Jadi dapat disimpulkan a2≤ ab < b2. Dengan memilih a = 0 dan b = 2, kita tahu bahwa 0 ≤ a < b, namun tidak benar bahwa a2 < ab, mengingat a2 = 0 = 0 . 2 = ab.








16. (a) { x : x < - 1 atau x > 4}
 (b) {x : 1 < x < 2 atau -2 < x < -1}
 (c) {x : -1 < x < 0 atau x > 1}
 (d) { x : x < 0 atau x > 1}
17. Anggap bahwa a € R sedemikian hingga 0 ≤ a ≤ Ô‘, untuk semua Ô‘ > 0. Andaikan bahwa a > 0, selanjutnya jika dipilih Ô‘0 = ½ a > 0, maka 0 < Ô‘0 = ½ a < a. hal ini berkontradiksi dengan hipotesis yang mengatakan bahwa 0 ≤ a ≤ Ô‘, untuk semua Ô‘ > o. jadi haruslah a = 0.

18.)





19.)


















20.) (a) Jika 0 < c < 1, maka 1 – c > 0, lalu kita dapatkan c – c2 = c (c – 1) > 0. Hal ini berarti c 2 < c. Selanjutnya karena kita tahu bahwa c2 > 0 dan c < 1, maka kita dapat simpulkan bahwa 
0 < c2 < c < 1.
(b) Jika 1 < c, maka c – 1 > 0 dan c > 0, selanjutnya kita dapatkan bahwa c2 – c = c (c – 1) > 0. Hal ini berarti bahwa c < c2. Karena 1 < c dan c < c2, maka dapat disimpulkan bahwa 1 < c < c2.

Bagaimana kawan sudah tambah wawasan lagi kan tentang materi analisis real 1 ini? pastinya sudah. nah untuk memperdalam lagi tunggu postingan-postingan tentang anril selanjutnya. Terima kasih atas kunjungannya. 

Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.