√2 1 1-10 2.1 2x2 3x3 6 9 ad infinitium addisi AI aifat ajaib akar 2 al-batani Al-Farabi Al-Khwarizmi alasan Alexandria aljabar Allah anak analisi real analisis analisis real andalusia angka annuity anril anril 1 antara antisymetric anuitas Arab are are. meter aritmatika aritmetik arthur cayley artificial artur Cayley Asah asal-usul asli asli. cacah asosiatif astronomi awet bab 1 bab 2 babylonia bahasa bahaya baku balok bangkit bangun bangun ruang baris barisan bartle Basis bata batasan masalah batu bayi bebas belah ketupat belajar belok beraturan berganti bergantung berkelompok berpangkat dua bertumbuh besaran bilangan bilangan cacah bilangan romawi biografi bmkg bola Bruto buah hati bulat bumi bundar cacah cambridge canton cara cara cepat cepat cerdas chi kuadrat cicak ciri contoh cos cosec cotag dasar data datar deferred Definisi deret desimal determinan diagonal Dialektis diameter differensial dimensi diophantine diophantus diskon distributif ditunda divergen e e coli elements Empirisme epistemologi eropa euclid euclides euler fakta Faktor Faktorisasi fenomenalisme Ferdinand George Frobenius Fibonacci Filsafat filsuf fisika fitur FPB frekuensi frobenius fungsi gabungan gairah garis garis bilangan gauss gempa geometri geometris georg cantor gerak GLB google grafik growing guru harmonik harta hasil hektar Himpunan hiperbola hipotesis hitung homogen hormon hubungan ibnu Batuta ibnu Rusyd Ibnu Sina Identifikasi masalah identitas illustrasi ilmu ilmuwan Ilusi imajiner indikator induksi info informasi intelligence interval Intusionisme IQ irasional islam Israel istimewa jajar genjang jangka jarak jari-jari jarimatika jawa timur jawaban jenis jenius jumlah kajian pustaka kalender kali kalkulus kantor pos kapal karakteristik Karya keajaiban kecepatan kediri Kedokteran kegunaan penelitian kehidupan kelainan keliling Kemampuan kembar kerangka berpikir kerucut kesalahan ketidakterbatasan. terhingga ketidakterhinggaan keuangan kiat-kiat kimia kitab kofaktor kolom Kombinasi kompetensi komposit komunikasi komutatif konsep konsep. integral kontradiksi konvergen konversi korespondensi kotoran KPK kreatif kuadran kuadrat kualitatif kuantitatif kubus kulit kurang kurva lafadz lambang langkah lanjutan latar belakang Latihan layang-layang lebah lengkap leonardo da pisa leonhard lima limas limit Linear lingkar lingkaran linier lipat logaritma Logika luas luas alas luas permukaan luas selimut macam mahasiswa makalah malang manfaat massa Mata matahari Matematika matematikawan Materi matriks matriks nol mean median memahami menggambar menghafal menghantar menghitung mengubah mengurutkan mesir meter meter persegi metode metrik metron mil militer minat misteri modus muda mudah multiplikasi muslim navigasi Neto Netto nilai mutlak normalitas nyata operasi ordo otak pangkat pangkat dua panjang partisi Pecahan pelajar pelajaran pelaut Peluang pembagian pembahasan pembelajaran pembilang pembuktian pendahuluan pendidikan penelitian penemu penerapan pengembara Pengertian pengukuran pengurangan penjelasan Penjumlahan penyebut penyelesaian peran perbandingan perbedaan Perkalian perkalian 1-100 persamaan persegi persegi panjang persen Pertanyaan pesawat peta pi pie pnerapan pokok polinomial Prima prinsip. dalil prisma profesionalisme proses proyeksi putar PV pythagoras rahasia rasional rata-rata real refleksif relasi riak riil romawi RPP Ruang Rumus salah mutlak salah relatif sarrus satuan SD sec section segi enam segiempat segitiga segitiga atas segitiga bawah sehari-hari sejarah sekolah selam sembilan sempurna senang setangkup sherbert SI sifat siku-siku simbol simetri simetrik simetris Similar sin singgung singkat sisi siswa skalar skripsi sman 5 kediri smp Soal space SPL SR STAD statistik statistika struktur subruang subspace substitusi sudut sumbu symetric tabel tabel pengurangan tabel penjumlahan tabung tahap tak terhingga tambah tamda tan tanda tara tegak lurus teka-teki teorema teori terbaru terbatas terdahulu Terkait terner tertutup tidak baku tips titik tolak-setangkip toleransi pengukuran transitif transitive trapesium trenggalek trigon trigonometri Trik tripel tujuan tujuan penelitian tulungagung tunai tunggal turunan tutorial uji ulasan umus unik Vektor volume waktu warisan wesel yunani

RPP FUNGSI KUADRAT KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan  : SMA
Kelas/Semester       :X/1
Mata Pelajaran        : Matematika-Wajib
Topik                       : Fungsi Kuadrat
Waktu                     : 2 × 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran kooperatif (type jigsaw) diharapkan siswa dapat:
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran.
2.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.      Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.      Menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menggambar  titik-titik yang terletak pada kurva.
5.      Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dengan menentukan titik potong dengan sumbu-sumbu koordinat dan menentukan nilai optimum fungsi.

B.     Kompetensi Dasar
2.1   Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
4.11  Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang ditentukan dan menafsirkan karakteristiknya.
.
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran.
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menggambar  titik-titik yang terletak pada kurva.
5.    Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dengan menentukan titik potong dengan sumbu-sumbu koordinat dan menentukan titik puncak.

D.    Materi Matematika 
1.    Materi prasyarat: Menyelesaian persamaan kuadrat
2.    Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat.

E.     Metode Pembelajaran
·      Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik (scientific), dengan model pembelajaran koperatif (cooperative learning) tipe Jigsaw.
·      Metode yang dipakai adalah ceramah, tanya jawab, diskusi.

F.     Media Pembelajaran
1.      Laptop
2.      LCD proyektor
3.      Penggaris

G.    Sumber Belajar
1.      Lembar kerja siswa
2.      Buku siswa

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami grafik fungsi kuadrat dihubungkan dengan permasalahan nyata, untuk mendorong rasa ingin tahu, dan keaktifan siswa.
2.      Sebagai apersepsi, siswa diajak untuk mengingat kembali cara menyelesaika persamaan kuadrat dengan mengerjakan soal-soal persamaan kuadrat.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
10 menit
Inti
1.      Guru mengarahkan siswa untuk untuk membentuk kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 3 siswa yang heterogen.
2.      Guru memberi permasalahan (materi diskusi), berupa 3 masalah yang berkaitan dengan cara menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat untuk masing-masing kelompok, dimana  setiap siswa dalam kelompok diberi tugas untuk menyelesaikan permasalahan yang berbeda (tahap kooperatif).
3.      Siswa dari masing-masing kelompok yang menyelesaikan permasalahan yang sama berkumpul menjadi satu untuk membentuk kelompok baru yang selanjutnya dan mendiskusikan penyelesaian atas permasalahan yang menjadi tugas mereka (tahap ahli).
4.      Setelah diskusi selesai, maka mereka kembali ke kelompok asal dan semua telah menjadi ahli di bidangnya masing-masing. Masing-masing anggota kelompok menjelaskan tentang permasalahan yang telah diselesaikan pada tahap ahli untuk “diajarkan” kepada teman-teman dalam kelompoknya, sehingga setiap anggota kelompok memahami penyelesaian dari semua permasalahan yang diberikan oleh guru (tahap lima serangkai).
5.      Dengan metode tanya jawab, guru mengarahkan siswa untuk menarik kesimpulan atas penyelesaian dari seluruh permasalahan.
6.      Selanjutnya, guru memberikan 3 soal untuk dikerjakan tiap siswa dan dikumpulkan untuk mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi.
70 menit
Penutup
1.      Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari materi pembelajaran.
2.      Guru memberikan tugas (PR) beberapa soal mengenai sketsa grafik fungsi kuadrat.
3.      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk lebih giat belajar.
10 menit

I.       Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran trigonometri.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran terutama saat diskusi
2.
Pengetahuan


3.

Keterampilan
a.       Menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menggambar  titik-titik yang terletak pada kurva.
b.      Membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dengan menentukan titik potong dengan sumbu-sumbu koordinat dan menentukan nilai optimum fungsi.

Tes tertulis,
pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi



                                                                                               Demak, ....................2013
Mengetahui:                                                                           Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah


................................                                                               ...................................



Instrumen Penilaian Hasil belajar
1.        Instrumen Tes tertulis
·         Soal
Gambarlah sketsa grafik fungsi kuadrat berikut:
1.      y = x2 + 4x – 5
2.      y = –x2 + 6x + 9
3.      y = 3x2 –2x – 5

·         Kunci Jawaban




·         Pedoman Penskoran





2.      Instrumen Tes nontulis (pengamatan)

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Satuan Pendidikan   :    SMA
Kelas/Semester         :    X/1
Mata Pelajaran         :    Matematika-Wajib
Topik                        :    Fungsi Kuadrat
Waktu                      :    2 × 45 menit

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
3.      Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1
Dhianika Rahma Nur Fadillah









2
Galuh Lalita Mahaghora









3
Muhammad Rasyid Alfaruqi









4
Nur Endah Filaili









5
Zerarita Amalia Ramadhani









6
Febrian Anggoro Widiyanto









7
Rizky Rachmadewi









8
Elvan Saffria Charta









9
R. Aj. Shikarini Amirul P









10
Arinta Destri Larasati









11
Khanza Adzkia Vujira









12
Joean Akbar Saputra









13
Khansa Sitostra Arsy A.









14
Bagaskara Adi Pamungkas









15
Bram Yudhistira









16
Hasna Amalia Faza









17
Daniawan Dwi Nurrohman









18
Devi Ristiyanti









19
Nitya Sekar Tresnaningtyas









20
Rafi Ibnu Ramadhan









21
Ivan Akhir Julian









22
Gasik Prawestri









23
Intan Aringtyas Junaidi









24
Muhammad Rafi Nurdiansyah









25
Elvana Novita Candra









26
Danuja Widigdaya









27
Isnaeni Putri Nur Afifah









28
Intan Putri Ristyaningrum









29
Lisa Dewi Afrilita









30
Gea Hanin Nisacita









31
Rizki Kartika Angkasa Yudha









32
Putri Adipertiwi A-Bach










Keterangan:
KB      : Kurang baik
B         : Baik
SB       : Sangat baik


LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan   :    SMA
Kelas/Semester         :    X/1
Mata Pelajaran         :    Matematika-Wajib
Topik                        :    Fungsi Kuadrat
Waktu                      :    2 × 45 menit

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
1.      Kurangterampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran
2.      Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi belum tepat.
3.      Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST
1
Dhianika Rahma Nur Fadillah



2
Galuh Lalita Mahaghora



3
Muhammad Rasyid Alfaruqi



4
Nur Endah Filaili



5
Zerarita Amalia Ramadhani



6
Febrian Anggoro Widiyanto



7
Rizky Rachmadewi



8
Elvan Saffria Charta



9
R. Aj. Shikarini Amirul P



10
Arinta Destri Larasati



11
Khanza Adzkia Vujira



12
Joean Akbar Saputra



13
Khansa Sitostra Arsy A.



14
Bagaskara Adi Pamungkas



15
Bram Yudhistira



16
Hasna Amalia Faza



17
Daniawan Dwi Nurrohman



18
Devi Ristiyanti



19
Nitya Sekar Tresnaningtyas



20
Rafi Ibnu Ramadhan



21
Ivan Akhir Julian



22
Gasik Prawestri



23
Intan Aringtyas Junaidi



24
Muhammad Rafi Nurdiansyah



25
Elvana Novita Candra



26
Danuja Widigdaya



27
Isnaeni Putri Nur Afifah



28
Intan Putri Ristyaningrum



29
Lisa Dewi Afrilita



30
Gea Hanin Nisacita



31
Rizki Kartika Angkasa Yudha



32
Putri Adipertiwi A-Bach




Keterangan:
KT       : Kurang terampil
T          : Terampil
ST        : Sangat terampil



LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
Satuan Pendidikan   :    SMA
Kelas/Semester         :    X/1
Mata Pelajaran         :    MatematikaWajib
Topik                        :    Grafik Fungsi Kuadrat
Waktu                      :    2 × 45 menit

Diskusikan dengan teman-teman di kelompokmu, untuk kemudian mengisikan hasil diskusi itu pada titik-tik yang tersedia pada uraian berikut:
A.  Menentukan Jenis kurva dari Grafik Fungsi Kuadrat
Untuk menemukan bentuk grafik y = ax2 + bx + c, perhatikan ilustrasi berikut ini:
Ilustrasi 1:
Isikan nilai y yang memenuhi persamaan y = x2 - 4x + 3 untuk nilai x yang diberikan pada tabel berikut:
x
-2
-1
0
1
2
3
4
5
6
7
y
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........

Tabel di atas menunjukkan bahwa fungsi kuadrat y = x2 - 4x + 3 melalui titik-titik :           (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ).
Bila titik-titik itu kita gambar dalam sistem koordinat kartesius lalu ditarik kurva yang melalui titik-titik tersebut, maka  akan diperoleh sketsa grafik fungsi y = x2 - 4x + 3 sebagai berikut:
 







O
 







Gambar 1

Ilustrasi 2:
Isikan nilai y yang memenuhi persamaan y = -x2 +5x + 6 untuk nilai x yang diberikan pada tabel berikut:

x
-2
-1
0
1
2
3
4
5
6
7
y
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........
.........

Tabel di atas menunjukkan bahwa fungsi kuadrat y = x2 - 4x + 3 melalui titik-titik :           (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ), (....  , .... ).
Bila titik-titik itu kita gambar dalam sistem koordinat kartesius lalu ditarik kurva yang melalui titik-titik tersebut, maka akan diperoleh sketsa grafik fungsi y = -x2+5x + 6 sebagai berikut:
 







O
 






Gambar 2

Dengan memperhatikan gambar 1 dan 2, maka dapat disimpulkan:
1.      Grafik fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c  berbentuk ........................................................
2.      Jika a > 0 maka ..............................................................................................................
3.      Jika a < 0 maka ..............................................................................................................

B.     Menentukan Titik Potong Grafik Fungsi Kuadrat dengan Sumbu Koordinat
Tentukan titik potong grafik fungsi berikut dengan sumbu x dan sumbu y!
1.      y = x2 - 4x + 3
2.      y = -x2 +5x + 6
Jawab:
1.  y = x2 - 4x + 3
·      Menentukan titik potong grafik dengan sumbu x
Agar suatu kurva grafik dari sebuah fungsi memotong sumbu x maka y = 0, dan nilai x dapat dicari dengan cara berikut:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 Jadi grafik fungsi y = x2 - 4x + 3 memotong sumbu x di titik ( ...   ,   ... )
·      Menentukan titik potong grafik dengan sumbu y
Agar suatu kurva grafik dari sebuah fungsi memotong sumbu y maka x = 0, dan nilai y dapat dicari dengan cara berikut:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jadi grafik fungsi y = x2 - 4x + 3 memotong sumbu y di titik ( ...   ,   ... )

2.  y = - x2 +5x + 6
·      Menentukan titik potong grafik dengan sumbu x
Agar suatu kurva grafik dari sebuah fungsi memotong sumbu x maka y = 0, dan nilai x dapat dicari dengan cara berikut:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 Jadi grafik fungsi y = -x2 +5x + 6 memotong sumbu x di titik ( ...   ,   ... )
·      Menentukan titik potong grafik dengan sumbu y
Agar suatu kurva grafik dari sebuah fungsi memotong sumbu y maka x = 0, dan nilai y dapat dicari dengan cara berikut:
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jadi grafik fungsi y = y = -x2+5x + 6 memotong sumbu y di titik ( ...   ,   ... )

C.  Menentukan Titik Optimum (Maksimum / Minimum) dari Grafik Fungsi Kuadrat
Bentuk umum dari fungsi kuadrat adalah y = ax2 + bx + c, dengan a, b, c R dan a ≠ 0.
Nilai optimum fungsi akan dicapai jika x + ....... = 0, sehingga:
x  = ............., dan
y  = ..............
jadi titik puncak (titik optimum) dari grafik fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c adalah (.............., .............)
Contoh:
Tentukan titik puncak dari grafik fungsi kuadrat berikut:
1.      y = x2 - 4x + 3
2.      y = -x2 +5x + 6
Penyelesaian:
1.      y = x2 - 4x + 3
Absis dan ordinat untuk titik puncak adalah:
  Titik puncak dari grafik fungsi y = x2 - 4x + 3 adalah (.... , .... )
2.      .............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D.  Menggambar Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat
Grafik fungsi kuadrat y = ax2 + bx + c berbentuk parabola, dimana:
·      Jika a > 0 maka parabola membuka ke ..............................................
·      Jika a < 0 maka parabola membuka ke ..............................................
Langkah-langkah menggambar:
1.      Menentukan titik potong dengan sumbu x
2.      Menentukan titik potong dengan sumbu y
3.      Menentukan titik puncak ( ........ , ............)
4.      Menghubungkan ketiga titik itu sehingga membentuk parabola




Labels: , ,

Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.