RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 2 KEDIRI
Kelas/Semester :X/2
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Topik : PELUANG
Waktu : 2× 4 Jam Pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Peluang inii diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1. Menjelaskan kembali pengertian konsep peluang dengan frekuensi relatif.
2. Merumuskan proses menghitung peluang dengan pendekatan nilai frekuensi relatif .
3. Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kejadian, titik sampel ,ruang Sampel.dan komplemen suatu kejadian.
4. Menjelaskan kembali peluang komplemen suatu kejadian
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2 Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.2 Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai obyek nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif.
4.1 Menyajikan hasil penerapan konsep peluanguntuk menjelaskan berbagai obyek nyata melalui percobaan menggunakan frekuensi relatif.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Terlibat aktif dalam pembelajaran Peluang
2. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4. Menjelaskan kembali pengertian konsep peluang dengan frekuensi relatif
5. Merumuskan proses menghitung peluang dengan pendekatan nilai frekuensi relatif .
6. Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kejadian, titik sampel dan ruang Sampel.
7. Menjelaskan kembali peluang komplemen suatu kejadian
8. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Peluang.
D. Materi Pembelajaran
1. Menemukan Konsep Peluang dengan Frekuensi Relatif
2. PengertianPercobaan, Kejadian, TitikSampel, danRuangSampel
3. Cara PenyajiandanPenentuanRuangSampel
4. PeluangKomplemenSuatukejadian
E. Metode Pembelajaran
1. Metode :
2. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Peluang dan memberikan gambaran tentang aplikasi Peluang dalam kehidupan sehari-hari. 2. Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana mendapatkan nilai peluang masuk ke SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan nilai UN terentu. 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai Yaitu memperluas pengunaan konsep peluang untuk memecahkan permasalahan. | 10 menit |
Inti | 5. Siswa diajak menghitung banyak muncul angka atau gambar pada pelemparan satu mata uang logam dan nilai peluang muncul mata dadu dua pada pelemparan satu buah dadu sebanyak 150 kali 6. Hasil perhitungan siswa tersebut dicatat pada tabel 7. Siswa diajak mengamati hasil perhitungan diatas, kemudian guru menanyakan tentang kesimpulan apa yang bisa ditarik dari hasil pengamatan siswa tersebut 8. Siswa diajak untuk memperluas pengetahuannya dengan menghitung nilai peluang muncul satu angka dan satu gambar pada pelemparan satu mata uang logam dan satu dadu sekaligus sebanyak 100 kali 9. Demikian seterusnya untuk yang lain. Siswa diminta untuk mencoba variasi yang bermacam-macam. | 70 menit |
Penutup | 1. Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menentukan nilai Peluang 2. Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai nilai Peluang 3. Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan nilai Peluang 4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar. | 10 menit |
G. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1. Uang Logam, Dadu, alat-alat lain yang mendukung pembelajaran Peluang
2. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3. Bahan tayang
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian:
No | Aspek yang dinilai | Teknik Penilaian | Waktu Penilaian |
1. | Sikap a. Terlibat aktif dalam pembelajaran Peluang. b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. | Pengamatan | Selama pembelajaran dan saat diskusi |
2. | Pengetahuan a. Menjelaskan kembali pengertian konsep peluang dengan Frekuensi Relatifsecara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar. b. Merumuskan konsep peluang dengan Frekuesi Relatif . | Pengamatan dan tes | Penyelesaian tugas individu dan kelompok |
3. | Keterampilan a. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai peluang | Pengamatan | Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi |
I. Instrumen Penilaian Hasil belajar
Tes PENUGASAN
· Jelaskan pengertian konsep peluang dengan frekuensi relatif
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.
Yogyakarta, 7 Juli 2014
Guru Mata pelajaran
Dra. Wahyu Indriati
Nip. 19660819 199802 2 001
WORKSHEET
TABEL HASIL PERCOBAAN PELEMPARAN SEBUAH KOIN
TAHAP | BANYAK PELEMPARAN (F) | BANYAK MUNCUL GAMBAR (G) | BANYAKMUNCUL ANGKA (A) | ||
I | 20 | ||||
II | 40 | ||||
III | 60 | ||||
IV | 80 | ||||
V | 100 | ||||
VI | 120 |
TABEL HASIL PERCOBAAN PELEMPARAN SEBUAH DADU
TAHAP | BANYAK PELEMPARAN (F) | FREKUENSI MUNCUL | FREKUENSI RELATIF | ||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | ||
I | 20 | ||||||||||||
II | 40 | ||||||||||||
III | 60 | ||||||||||||
IV | 80 | ||||||||||||
V | 100 | ||||||||||||
VI | 120 |
NO | Aspek yang dinilai | SA | A | KA |
Sikap | ||||
A. Terlibat aktif dalam pembelajaran Peluang. | ||||
B. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. | ||||
C. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. | ||||
Pengetahuan | ||||
D. Menjelaskan kembali pengertian konsep peluang dengan Frekuensi Relatifsecara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar. | ||||
E. Merumuskan konsep peluang dengan Frekuesi Relatif . | ||||
Keterampilan | ||||
F. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai peluang |
KETERANGAN
SA : Sangat aktif
A : Aktif
KA : Kurang Aktif
Post a Comment