√2 1 1-10 2.1 2x2 3x3 6 9 ad infinitium addisi AI aifat ajaib akar 2 al-batani Al-Farabi Al-Khwarizmi alasan Alexandria aljabar Allah anak analisi real analisis analisis real andalusia angka annuity anril anril 1 antara antisymetric anuitas Arab are are. meter aritmatika aritmetik arthur cayley artificial artur Cayley Asah asal-usul asli asli. cacah asosiatif astronomi awet bab 1 bab 2 babylonia bahasa bahaya baku balok bangkit bangun bangun ruang baris barisan bartle Basis bata batasan masalah batu bayi bebas belah ketupat belajar belok beraturan berganti bergantung berkelompok berpangkat dua bertumbuh besaran bilangan bilangan cacah bilangan romawi biografi bmkg bola Bruto buah hati bulat bumi bundar cacah cambridge canton cara cara cepat cepat cerdas chi kuadrat cicak ciri contoh cos cosec cotag dasar data datar deferred Definisi deret desimal determinan diagonal Dialektis diameter differensial dimensi diophantine diophantus diskon distributif ditunda divergen e e coli elements Empirisme epistemologi eropa euclid euclides euler fakta Faktor Faktorisasi fenomenalisme Ferdinand George Frobenius Fibonacci Filsafat filsuf fisika fitur FPB frekuensi frobenius fungsi gabungan gairah garis garis bilangan gauss gempa geometri geometris georg cantor gerak GLB google grafik growing guru harmonik harta hasil hektar Himpunan hiperbola hipotesis hitung homogen hormon hubungan ibnu Batuta ibnu Rusyd Ibnu Sina Identifikasi masalah identitas illustrasi ilmu ilmuwan Ilusi imajiner indikator induksi info informasi intelligence interval Intusionisme IQ irasional islam Israel istimewa jajar genjang jangka jarak jari-jari jarimatika jawa timur jawaban jenis jenius jumlah kajian pustaka kalender kali kalkulus kantor pos kapal karakteristik Karya keajaiban kecepatan kediri Kedokteran kegunaan penelitian kehidupan kelainan keliling Kemampuan kembar kerangka berpikir kerucut kesalahan ketidakterbatasan. terhingga ketidakterhinggaan keuangan kiat-kiat kimia kitab kofaktor kolom Kombinasi kompetensi komposit komunikasi komutatif konsep konsep. integral kontradiksi konvergen konversi korespondensi kotoran KPK kreatif kuadran kuadrat kualitatif kuantitatif kubus kulit kurang kurva lafadz lambang langkah lanjutan latar belakang Latihan layang-layang lebah lengkap leonardo da pisa leonhard lima limas limit Linear lingkar lingkaran linier lipat logaritma Logika luas luas alas luas permukaan luas selimut macam mahasiswa makalah malang manfaat massa Mata matahari Matematika matematikawan Materi matriks matriks nol mean median memahami menggambar menghafal menghantar menghitung mengubah mengurutkan mesir meter meter persegi metode metrik metron mil militer minat misteri modus muda mudah multiplikasi muslim navigasi Neto Netto nilai mutlak normalitas nyata operasi ordo otak pangkat pangkat dua panjang partisi Pecahan pelajar pelajaran pelaut Peluang pembagian pembahasan pembelajaran pembilang pembuktian pendahuluan pendidikan penelitian penemu penerapan pengembara Pengertian pengukuran pengurangan penjelasan Penjumlahan penyebut penyelesaian peran perbandingan perbedaan Perkalian perkalian 1-100 persamaan persegi persegi panjang persen Pertanyaan pesawat peta pi pie pnerapan pokok polinomial Prima prinsip. dalil prisma profesionalisme proses proyeksi putar PV pythagoras rahasia rasional rata-rata real refleksif relasi riak riil romawi RPP Ruang Rumus salah mutlak salah relatif sarrus satuan SD sec section segi enam segiempat segitiga segitiga atas segitiga bawah sehari-hari sejarah sekolah selam sembilan sempurna senang setangkup sherbert SI sifat siku-siku simbol simetri simetrik simetris Similar sin singgung singkat sisi siswa skalar skripsi sman 5 kediri smp Soal space SPL SR STAD statistik statistika struktur subruang subspace substitusi sudut sumbu symetric tabel tabel pengurangan tabel penjumlahan tabung tahap tak terhingga tambah tamda tan tanda tara tegak lurus teka-teki teorema teori terbaru terbatas terdahulu Terkait terner tertutup tidak baku tips titik tolak-setangkip toleransi pengukuran transitif transitive trapesium trenggalek trigon trigonometri Trik tripel tujuan tujuan penelitian tulungagung tunai tunggal turunan tutorial uji ulasan umus unik Vektor volume waktu warisan wesel yunani

RPP PELUANG SMA KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     : SMA NEGERI 2 KEDIRI
Kelas/Semester         :X/2
Mata Pelajaran          : Matematika-Wajib
Topik                        : PELUANG
Waktu                       : 2× 4 Jam Pelajaran

A.     Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Peluang inii diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.       Menjelaskan kembali pengertian konsep peluang dengan  frekuensi relatif.
2.       Merumuskan proses menghitung peluang dengan pendekatan nilai frekuensi relatif
3.       Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kejadian, titik sampel ,ruang Sampel.dan komplemen            suatu kejadian.
4.       Menjelaskan kembali peluang komplemen suatu kejadian

B.     Kompetensi Dasar
2.1  Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2   Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.2 Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai obyek nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif.
 4.Menyajikan hasil penerapan konsep peluanguntuk menjelaskan berbagai obyek nyata melalui percobaan menggunakan frekuensi relatif.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran Peluang
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menjelaskan kembali pengertian konsep peluang dengan  frekuensi relatif
5.    Merumuskan proses menghitung peluang dengan pendekatan nilai frekuensi relatif
6.    Menjelaskan apa yang dimaksud dengan kejadian, titik sampel dan ruang Sampel.
7.    Menjelaskan kembali peluang komplemen suatu kejadian
8.    Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Peluang.

D.       Materi Pembelajaran
1.       Menemukan Konsep Peluang dengan Frekuensi Relatif
2.       PengertianPercobaan, Kejadian, TitikSampel, danRuangSampel
3.       Cara PenyajiandanPenentuanRuangSampel
4.       PeluangKomplemenSuatukejadian


E.      Metode Pembelajaran
1.       Metode : 

2.       Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran         koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah                     (problem-based learning). 


F.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.       Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Peluang dan memberikan gambaran tentang aplikasi Peluang dalam kehidupan sehari-hari.
2.       Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana mendapatkan nilai peluang masuk ke SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan nilai UN terentu.
3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai Yaitu memperluas pengunaan konsep peluang untuk memecahkan permasalahan.
10 menit
Inti
5.    Siswa diajak menghitung banyak muncul angka atau gambar pada pelemparan satu mata uang logam dan nilai peluang muncul mata dadu dua pada pelemparan satu buah dadu sebanyak 150 kali
6.     Hasil perhitungan siswa tersebut dicatat pada tabel
7.    Siswa diajak mengamati hasil perhitungan diatas, kemudian guru menanyakan tentang kesimpulan apa yang bisa ditarik dari hasil pengamatan siswa tersebut
8.    Siswa diajak untuk memperluas pengetahuannya dengan menghitung nilai peluang muncul satu angka dan satu gambar pada pelemparan satu mata uang logam dan satu dadu sekaligus sebanyak 100 kali
9.    Demikian seterusnya untuk yang lain. Siswa diminta untuk mencoba variasi yang bermacam-macam.

70 menit
Penutup
1.       Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menentukan nilai Peluang
2.       Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai nilai Peluang
3.       Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan nilai Peluang
4.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
10 menit

G.     Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.       Uang Logam, Dadu, alat-alat lain yang mendukung pembelajaran Peluang
2.       Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3.       Bahan tayang

H.     Penilaian Hasil Belajar
1.       Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran Peluang.
b.       Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali pengertian konsep peluang dengan Frekuensi Relatifsecara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
b.       Merumuskan konsep peluang dengan Frekuesi Relatif .


Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai peluang

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi


I.        Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes PENUGASAN
·         Jelaskan pengertian konsep peluang dengan frekuensi relatif
Catatan:
Penyekoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.

                                                                                                            Yogyakarta, 7 Juli 2014
                                                                                                Guru Mata pelajaran


                                                                                                Dra. Wahyu Indriati
                                                                                                Nip. 19660819 199802 2 001
           
WORKSHEET
TABEL HASIL PERCOBAAN PELEMPARAN SEBUAH KOIN
TAHAP
BANYAK PELEMPARAN
(F)
BANYAK MUNCUL GAMBAR
(G)
BANYAKMUNCUL ANGKA
(A)
I
20




II
40




III
60




IV
80




V
100




VI
120











                            
TABEL HASIL PERCOBAAN PELEMPARAN SEBUAH DADU
TAHAP
BANYAK PELEMPARAN
(F)
FREKUENSI MUNCUL
FREKUENSI RELATIF
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
I
20












II
40












III
60












IV
80












V
100












VI
120


















LEMBAR PENILAIAN



NO
Aspek yang dinilai
SA
A
KA

Sikap




A.     Terlibat aktif dalam pembelajaran Peluang.



B.     Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.



C.     Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.




Pengetahuan




D.     Menjelaskan kembali pengertian konsep peluang dengan Frekuensi Relatifsecara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.



E.       Merumuskan konsep peluang dengan Frekuesi Relatif .




Keterampilan




F.     Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai peluang




KETERANGAN
SA : Sangat aktif
A  : Aktif
KA : Kurang Aktif
Labels: ,

Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.