√2 1 1-10 2.1 2x2 3x3 6 9 ad infinitium addisi AI aifat ajaib akar 2 al-batani Al-Farabi Al-Khwarizmi alasan Alexandria aljabar Allah anak analisi real analisis analisis real andalusia angka annuity anril anril 1 antara antisymetric anuitas Arab are are. meter aritmatika aritmetik arthur cayley artificial artur Cayley Asah asal-usul asli asli. cacah asosiatif astronomi awet bab 1 bab 2 babylonia bahasa bahaya baku balok bangkit bangun bangun ruang baris barisan bartle Basis bata batasan masalah batu bayi bebas belah ketupat belajar belok beraturan berganti bergantung berkelompok berpangkat dua bertumbuh besaran bilangan bilangan cacah bilangan romawi biografi bmkg bola Bruto buah hati bulat bumi bundar cacah cambridge canton cara cara cepat cepat cerdas chi kuadrat cicak ciri contoh cos cosec cotag dasar data datar deferred Definisi deret desimal determinan diagonal Dialektis diameter differensial dimensi diophantine diophantus diskon distributif ditunda divergen e e coli elements Empirisme epistemologi eropa euclid euclides euler fakta Faktor Faktorisasi fenomenalisme Ferdinand George Frobenius Fibonacci Filsafat filsuf fisika fitur FPB frekuensi frobenius fungsi gabungan gairah garis garis bilangan gauss gempa geometri geometris georg cantor gerak GLB google grafik growing guru harmonik harta hasil hektar Himpunan hiperbola hipotesis hitung homogen hormon hubungan ibnu Batuta ibnu Rusyd Ibnu Sina Identifikasi masalah identitas illustrasi ilmu ilmuwan Ilusi imajiner indikator induksi info informasi intelligence interval Intusionisme IQ irasional islam Israel istimewa jajar genjang jangka jarak jari-jari jarimatika jawa timur jawaban jenis jenius jumlah kajian pustaka kalender kali kalkulus kantor pos kapal karakteristik Karya keajaiban kecepatan kediri Kedokteran kegunaan penelitian kehidupan kelainan keliling Kemampuan kembar kerangka berpikir kerucut kesalahan ketidakterbatasan. terhingga ketidakterhinggaan keuangan kiat-kiat kimia kitab kofaktor kolom Kombinasi kompetensi komposit komunikasi komutatif konsep konsep. integral kontradiksi konvergen konversi korespondensi kotoran KPK kreatif kuadran kuadrat kualitatif kuantitatif kubus kulit kurang kurva lafadz lambang langkah lanjutan latar belakang Latihan layang-layang lebah lengkap leonardo da pisa leonhard lima limas limit Linear lingkar lingkaran linier lipat logaritma Logika luas luas alas luas permukaan luas selimut macam mahasiswa makalah malang manfaat massa Mata matahari Matematika matematikawan Materi matriks matriks nol mean median memahami menggambar menghafal menghantar menghitung mengubah mengurutkan mesir meter meter persegi metode metrik metron mil militer minat misteri modus muda mudah multiplikasi muslim navigasi Neto Netto nilai mutlak normalitas nyata operasi ordo otak pangkat pangkat dua panjang partisi Pecahan pelajar pelajaran pelaut Peluang pembagian pembahasan pembelajaran pembilang pembuktian pendahuluan pendidikan penelitian penemu penerapan pengembara Pengertian pengukuran pengurangan penjelasan Penjumlahan penyebut penyelesaian peran perbandingan perbedaan Perkalian perkalian 1-100 persamaan persegi persegi panjang persen Pertanyaan pesawat peta pi pie pnerapan pokok polinomial Prima prinsip. dalil prisma profesionalisme proses proyeksi putar PV pythagoras rahasia rasional rata-rata real refleksif relasi riak riil romawi RPP Ruang Rumus salah mutlak salah relatif sarrus satuan SD sec section segi enam segiempat segitiga segitiga atas segitiga bawah sehari-hari sejarah sekolah selam sembilan sempurna senang setangkup sherbert SI sifat siku-siku simbol simetri simetrik simetris Similar sin singgung singkat sisi siswa skalar skripsi sman 5 kediri smp Soal space SPL SR STAD statistik statistika struktur subruang subspace substitusi sudut sumbu symetric tabel tabel pengurangan tabel penjumlahan tabung tahap tak terhingga tambah tamda tan tanda tara tegak lurus teka-teki teorema teori terbaru terbatas terdahulu Terkait terner tertutup tidak baku tips titik tolak-setangkip toleransi pengukuran transitif transitive trapesium trenggalek trigon trigonometri Trik tripel tujuan tujuan penelitian tulungagung tunai tunggal turunan tutorial uji ulasan umus unik Vektor volume waktu warisan wesel yunani

MATERI PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 SD

BILANGAN 1 SAMPAI DENGAN 10
Image result for anak matematika sd kelas 1

1. Menghitung dan Mengurutkan Benda Sampai Dengan bilangan 5
    a.   Membilang atau menghitung secara urut 1-5
    b.   Menyebutkan banyak benda 1-5
    c.   Membandingkan dua kumpulan benda 1-5
    d.   Membaca dan menulis lambang bilangan 1-5
          1)      Membaca lambang bilangan

Lambang bilangan
1
2
3
4
5
Cara membaca
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima

           2)      Menulis lambang bilangan
·                  1 pensil diwarnai
                   Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
·                  2 pensil diwarnai
                   Tulis lambing bilangan 3 dibukumu
    e.   Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
    f.   Membilang loncat sampai dengan bilangan 5
         Contoh :
         Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1
         Satu       dua      tiga      empat      lima
          1             2         3            4             5
    g.  Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar

2. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 5
    a.   Menyatakan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan operasi penjumlahan dan                           pengurangan
          Contoh :
·         Satu bolpoin ditambah satu bolpoin sama dengan dua bolpoin
          1 + 1 = 2
·         Lima balon dikurangi empat balon sama dengan satu balon
          5 – 4 = 1
    b.  Menerjemahkan bentuk sistem operasi penjumlahan dan pengurangan
    c.   Membaca dan menggunakan symbol "+, -, dan ="
         1.  Penjumlahan
              a) Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang lain
·                 Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel
                  1 +  2 = 3
              b) Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan (komutatif)
·                 Satu apel ditambah dua apel sama dengan tiga apel
                  1 + 2 = 3
                  2 + 1 = 3
              c) Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui terbesar adalah bilangan 5
              d) Menyelesaikan soal cerita sederhana
                  Contoh :
                  Ani mempunyai dua pensil
                  Ia membeli lagi tiga pensil
                  Berapa pensil umi sekarang?
                  2 + 3 = 5
                  Pensil umi sekarang 5
          2.  pengurangan
               a) Mengurangkan satu bilangan dari  bilangan lain (1 sampai dengan 5)
                   lima apel dikurangi tiga apel sama dengan 2 apel
                   5 – 3 = 2
               b) Mengenal bilangan nol melalui pengurangan
·                  satu ikan dimakan satu ikan sisanya tidak ada
                   1 – 1 = 0
               c)  Menyelesaikan soal cerita sederhana
                    contoh :
                    Toni memiliki 3 balon
                    balon itu meletus 1
                    berapa balon yang tidak meletus
                    3 – 1 = 2
                    Balon Toni yang tidak meletus adalah 2 balon
            3.  Penjumlahan dan Pengurangan
                 a) Menjumlahkan dan mengurangi dengan bilangan nol
                    contoh :
                    1 + 0 = 1
                    1 – 0 = 1
                    2 + 0 = 2
                b) Memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan pengurangan
                    contoh :
                    yudi mempunyai lima balon
                    balon itu diberikan kepada doni 2
                    berapa balon yudi sekarang?
                    5 – 2 = 3
                    Balon yudi sekarang 3
                c) Mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5
                    contoh :
                    2 + 1 = 3
                    4 – 1 = 3
                    5 – 3 = 2
 3. Menghitung dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
     a. Membilang atau menghitung secara urut
         Contoh : 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
     b. Menyebutkan banyak benda yang berjumlah sampai 10
     c. Membandingkan dua kumpulan benda
     d. Membaca dan menulis lambang bilangan 1-10
          1)  Membaca lambang bilangan
               Bacalah dari kanan ke kiri

Lambang bilangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Cara membaca
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima
Enam
Tujuh
Delapan
Sembilan
Sepuluh

           2)  Menulis lambang bilangan 1 - 10
    e. Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
    f. Membilang loncat sampai dengan 10
    g. Mengurutkan sekelompok bilangan dari terkecil ke terbesar 10-1

4. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 10
    a. Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
        Contoh :
·       Lima wortel di tambah satu wortel sama dengan enam wortel
        5 + 1 = 6
·       Enam mangga dikurangi  dua mangga sama dengan empat mangga
        6 – 2 = 4
    b. Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk kalimat sehari-hari
    c. Membaca dan menggunakan symbol +, - dan =
       1.  penjumlahan
            a) menjumlah dua bilangan yang sama
                contoh :
                satu buku ditambah dua buku sama dengan dua buku
                1 + 2 = 3 buku
            b) menjumlah dua bilangan yang tidak sama
                delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
                8 + 2 = 10 pisang
            c) menjumlah dua bilangan satu angka
               contoh :
               2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
               2 + 5 = 7
           d) menentukan pasangan bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20
           e) menyelesaikan soal cerita sederhana
               contoh :
               ayam betina rina 3
               ayam jantan rina 1
               berapa jumlah ayam rini?
               3 + 1 = 4
               Jumlah ayam rina 4

       2.  pengurangan
           a) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain
              contoh :
              enam melon dikurangi dua melon sama dengan empat melon
              6 – 2 = 4
           b) mengurangkan satu bilangan dari bilangan lain dengan cara bersusun 
           c) menentukan pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
               contoh :
               pasangan bilangan yang berselisih 5
               5 dan 0
               6 dan 1
               7 dan 2
               8 dan 3
               9 dan 4
             10 dan 5
         d) menyelesaikan soal cerita sederhana
             contoh :
             Siti mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
             Berapa telur Siti sekarang ?
             Jawab :
             8 – 3 = 5
             Telur Siti sekarang adalah 5 telur
Semoga materi kelas 1 sd tentang bilangan 1-10 dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.
Labels: , , ,

Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.